Alamhutagg16’s Blog

Oktober 30, 2008

Prosedur Tetap Pelayanan Puskesmas

Filed under: Uncategorized — alamhutagg16 @ 2:55 pm

PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HILIR

DINAS KESEHATAN

PUSKESMAS KECAMATAN BAGAN SINEMBAH

 

PROTAP PELAYANAN DI LOKET PENDAFTARAN

PUSKESMAS BAGAN SINEMBAH

 

   Pelayanan     :  Pendaftaran Pasien di Loket Pendaftaran.

 

    Prosedur      :  Pelayanan Kartu Rawat Jalan dan Status Rawat Jalan

 

 

 

 

 

 

1.            TUJUAN       :

Sebagai Pedoman kerja Petugas Loket di Loket pendaftaran dalam pelayanan Kartu Berobat dan Kartu Rawat Jalan bagi pasien Umum / Askes / Masyarakat Miskin.

 

2.            SASARAN     :

Petugas Loket dalam mencatat pasien Umum, Askes dan Masyarakat Miskin, membuat Kartu Berobat dan Kartu Rawat Jalan (selanjutnya KRJ) bagi Keluarga baru serta mencarikan Kartu Rawat Jalan yang tersimpan dalam Famili Folder bagi Keluarga dengan kunjungan ulang.

 

3.            URAIAN UMUM     :

­      Pencatatan Register No. Index   : 

         Untuk pasien yang belum / tidak membawa KRJ dicatat nomor index ( dalam wilayah kerja  : (sesuai urutan desa 01—sd 014 — dan diluar wilayah kerja :  90.— ), Nama KK, Umur & Alamat KK ) pada Register nomor index.

 

­      Pembuatan Status Rawat Jalan             :

         Mencatat Identitas (  Nama, umur, jenis kelamin, pasien umum / Askes, alamat & nomor index sesuai dengan register nomor index ).

 

­      Pembuatan Kartu Rawat Jalan  :

         Mencatat nomor index, identitas pasien ( nama pasien, nama KK, pekerjaan, umur, alamat, jenis kelamin, hubungan dengan KK, agama ) dan tanggal kunjungan pertama.

 

­      Pencatatan pasien          :

         Pasien dicatat pada register rawat jalan.

 

­      Mencari Kartu Rawat Jalan       :

         Mencari Kartu Rawat Jalan di Rak Arsip sesuai dengan nomor index register yang tertera pada Kartu Berobat untuk pasien kunjungan ulang.

 

 

 

 

4.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN      :

a.             Pasien  datang ke Puskesmas.

b.            Petugas menyapa pasien dengan senyum dan mendaftarkan pasien     :

v  Pasien baru              :

­   Untuk pasien yang belum punya / tidak membawa KRJ dicatat nomor index ( dalam wilayah kerja sesuai urutan desa : 01— s.d 14.— dan luar wilayah kerja 90.— ), nama KK, nama pasien, alamat pada register nomor index.

­   Petugas membuatkan Status Rawat Jalan.

­   Petugas membuatkan Kartu Rawat Jalan.

 

v  Pasien yang sudah memiliki KRJ :

­   Petugas mencarikan Kartu Rawat Jalan sesuai nomor index KRJ untuk pasien yang sudah pernah berobat / berkunjung.

­   Petugas membuatkan  Kartu Rawat Jalan  sesuai dengan identitas pasien untuk pasien yang belum pernah berobat / berkunjung.

 

v  Pasien Askes / Masyarakat Miskin   :

­   Petugas meminta pasien menunjukkan Kartu Askes /Jamkesmas.

­   Petugas mencatat nomor Kartu Askes / Jamkesmas.

­   Petugas meminta tanda tangan peserta Askes / Jamkesmas yang dilayani.

 

c.             Petugas menyerahkan KRJ kepada pasien dan mempersilahkan menunggu di ruang tunggu pelayanan yang dituju dan menyerahkan Status Rawat Jalan ke Tujuan Pasien ( Poli Umum, KIA, Poli Gigi atau lainnya )

 

d.            Pasien menunggu panggilan di ruang tunggu, menunggu panggilan petugas pelayanan yang dituju.

 

e.             Petugas Loket mengambil Status Rawat Jalan ke ruang periksa / pelayanan  masing-masing setelah selesai pelayanan dan administrasi di ruang periksa / pelayanan bersangkutan.

 

f.             Petugas mencocokkan jumlah kunjungan dengan status yang kembali.

 

g.            Petugas Loket menyimpan kembali Kartu Rawat Jalan ke Rak Arsip sesuai dengan nomor index.

 

 

 

Bagan Batu, 1 Nopember 2008.

Kepala Puskesmas Kecamatan Bagan Sinembah,

 

 

 

Dr. Josafat. R. S

NIP. 140 363 678

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

2 Komentar »

  1. pada dasarnya hampir sama dengan alur pelayanan pasien di puskesmas kami….terimakasih atas publikasi “Protap tsb diatas”…sehingga kami terinspirasi untuk menerapkan atau mengembangkan protap tersebut disesuaikan dengan kondisi di puskesmas kami

    Komentar oleh Devy - — Agustus 13, 2009 @ 3:01 am

    • Btul…pengembangan atau penyesuaian tempat dan gedung …

      Komentar oleh alamhutagg16 — Maret 26, 2012 @ 12:48 am


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Banana Smoothie Theme. Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: